ARM Respon Gempa Lombok Bersama Mitra

Tanggal 29 Juli 2018 yang lalu terjadi gempa bumi dengan kekuatan 6,4 SR yang melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat, dalam kejadian tersebut puluhan orang meninggal dunia dan ribuan orang harus mengungsi, rumah dan fasilitas umum banyak yang rusak, gempa susulan masih berlangsung dengan kekuatan yang kadang melemah kadang mendekati gempa awal, ada satu waktu tepatnya tanggal 5 Agustus 2018 kembali terjadi gempa bumi, namun kali ini gempa bumi tersebut getarannya dirasakan lebih besar dari gempa yang terjadi pada akhir bulan Juli lalu, dan korban bertambah banyak, tercatat sementara korban meninggal 131 orang, luka berat maupun ringan 1477 orang, pengungsi156.003 orang, 42.239 rumah rusak dan 458 unit sekolah juga rusak.

Association of Resiliency Movement atau disingkat ARM merupakan perkumpulan profesional, tangguh dan mumpuni, yang menjunjung tinggi nilai-nilai solidaritas kemanusiaan melalui kerja-kerja kemanusiaan dalam penanganan bencana, baik pada tingkat pendidikan, pemberdayaan dan upaya-upaya penyelamatan. Mengajak mitra kerjanya selama ini untuk melakukan upaya membantu korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ada beberapa lembaga yang terlibat dalam rapat koordinasi awal yang dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2018 dan memutuskan beberapa hal sebagai berikut :

Akan mengirimkan 1 tim yang terdiri dari 4 orang dengan kompetensi personil terdiri dari manajer bencana, tenaga paramedic dan rescuer. Tugas tim pertama melakukan assessment, layanan medis, evakuasi korban, optimalisasi posko yang sudah ada, bersama warga lokal untuk melakukan kerja kemanusiaan. Segera mempersiapkan tim kedua, sesuai dengan hasil kajian lapangan tim pertama

Membuka posko “Kita Bersama Bantu Lombok”, dengan posko berada di Jl. Panembahan Senopati 37 Yogyakarta (sebelah barat jembatan sayidan code).

Menerima donasi berupa hygiene kit (peralatan mandi, handuk, dan lain – lain) kebutuhan wanita, perlengkapan bayi, dan selimut.

Untuk bantuan dalam bentuk uang kita juga menerima melalui rekening BRI dengan nomor 1008-01-000367-56-2 a.n ARM INDONESIA

(Informasi lebih lanjut hubungi komunikasi dan informasi ARM Indonesia – Anggun Gunadi 081 2152 8778)
Posted in Berita and tagged , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published.