Pelatihan Pertolongan Pertama dan Korban Banyak di Sangkrah

Pertolongan Pertama adalah Pemberian pertolongan segera kepada penderita sakit atau cedera yang memerlukan penanganan medis dasar Medis Dasar Adalah Tindakan pertolongan berdasarkan ilmu kedokteran yang dapat dimiliki oleh orang awam atau awam terlatih. Pertolongan Korban Banyak (PKB) merupakan tindakan pertolongan yang dilakukan pada korban yang berjumlah banyak atau lebih dari satu.

Masih kelanjutan dari program workshop Kampung Tangguh Bencana di kampung Sangkrah Solo, kerjasama antara Kampungnesia, Rumah Baca Sangkrah dan Association of Resiliency Movement, yang dilaksanakan sejak pada tanggal 28 Maret 2016, kali ini di minggu kedua pertemuan kedua dilaksanakan pelatihan peningkatan kapasitas warga kampong Sangkrah, Solo. Materi yang diberikan tentang Pertolongan Pertama dan Pertolongan Korban Banyak.

 

Sebagai narasumber dalam pelatihan adalah Trisnamurti, tim ahli ARM tersebut menyampaikan terkait kejadian – kejadian gawat darurat dan apa yang bisa dilakukan oleh warga kampung Sangkrah jika menemui kasus gawat darurat, bagaimana cara pertolongannya dan tindakan apa yang terbaik untuk menyelamatkan dan menolong korban.

 

Dijelaskan pula pengetahuan triage, yakni tindakan untuk memilah/mengelompokkan korban berdasar beratnya cidera, kemungkinan untuk hidup, dan keberhasilan tindakan berdasar sumber daya (SDM dan sarana) yang tersedia. Pengetahuan ini perlu diberikan kepada warga karena mengingat saat kejadian tim bantuan kesehatan biasanya datang atau sampai lokasi kejadian bencana lebih dari 10 menit,mengingat kasus gawat darurat ada yang tidak bisa menunggu sampai 10 menit lebih seperti korban dengan ganggaun A-B-C atau Airway (jalan napas) – Breathing (pernapasan) – Circulation (peredaran darah), dan biasanya korban bisa tidak ada respon.

 

Pemilahan korban atau triage diharapkan bisa dilakukan warga, ketika tim bantuan kesehatan hadir, korban segera bisa mendapat tindakan terapi lanjutan definitive dari dokter maupun di rumah sakit, sehingga bisa menekan angka korban jiwa.

Posted in Berita.

Leave a Reply

Your email address will not be published.