Wedangan Mitigasi

Upaya pengurangan risiko atau mitigasi dalam rangka membangun dan merubah paradigma masyarakat Indonesia yang saat ini masih merespon setiap kejadian bencana dengan mengabaikan ada sesuatu yang harus dilakukan sebelum bencana itu terjadi.

Faktor ancaman (hazard) dan kerentanan (vulnerbality) masih menjadi hal yang selalu diabaikan masyarakat Indonesia yang jelas – jelas tampak dari pengalaman kejadian bencana bahwa seluruh wilayah Indonesia memiliki ancaman bencana, namun karena berbagai macam faktor seperti pendidikan, ekonomi, budaya, sosial, politik dan sebagainya menyebabkan mengurangi kemampuan masyarakat untuk melakukan mitigasi dalam upaya kesiapsiagaan bencana sejak dini.

 

Terkait dengan hal tersebut diatas maka Association of Resiliency Movement akan menyelenggarakan sebuah kegiatan yang diskusi lintas stakeholder yang ada di Yogyakarta dan seluruh Indonesia dalam menggagas tema pengurangan risiko bencana atau mitigasi dengan dikemas dalam kegiatan “Wedhangan Mitigasi”.

 

Yang menjadi tujuan dari kegiatan Wedangan Mitigasi menyebarluaskan gagasan tentang pekerja kemanusiasn yang khas ARM dalam aspek dasar seperti yang tertuang dalam kode perilaku ARM dan pengetahuan ketrampilan praktis dalam kerja kemanusiaan, dan Merangkul dan menjalin hubungan dan kerjasama dengan organisasi, individu, dan unsur – unsur positif lainnya dalam tujuan kemanusiaan yang progresif.

 

Sasaran Wedangan Mitigasi adalah tersebar luasnya gagasan seperti publik yang dapat ditengarai dengan pembentukan gerakan tangguh ditengah rakyat, opini di media massa, sosial, dan komunitas terdiri dari unsur unsur relawan kampung, unsur unsur pegiat sosial, undangan umum dengan sasaran mahasiswa dan individu peduli

 

Wedangan Mitigasi ini dilaksanakan setiap bulan di minggu ketiga, pada pukul 19.00 – 21.00, bertempat di Pendopo, Jl. Prof. Soepomo No. 121, Umbulharjo, Yogyakarta dan terbuka untuk siapa saja yang berminat

Posted in Berita.

Leave a Reply

Your email address will not be published.